Ialah perangkat komunikasi yang merupakan bagian dari sistem komputer selain unit
sistem. Perangkat ini yang menjembatani antara unit sistem pada komputer dengan pengguna.
1) Media Input
Merupakan media komunikasi pada komputer untuk mengirimkan instruksi, data, dan
informasi yang akan diproses oleh CPU. Berikut ini beberapa contoh media input.
a) Keyboard
Perangkat input yang kerap digunakan sebuah PC ialah keyboard. Alat ini berfungsi
sebagai perantara komunikasi antara pengguna komputer dengan sistem komputer dengan
cara mengetikkan tombol keyboard berupa teks dan perintah-perintah lain seperti ‘Enter’
untuk dijalankan komputer. Bentuk dan jenis keyboard sangat beragam, mulai paling
sederhana sampai kompleks dengan tambahan tombol yang bervariasi
sistem. Perangkat ini yang menjembatani antara unit sistem pada komputer dengan pengguna.
1) Media Input
Merupakan media komunikasi pada komputer untuk mengirimkan instruksi, data, dan
informasi yang akan diproses oleh CPU. Berikut ini beberapa contoh media input.
a) Keyboard
Perangkat input yang kerap digunakan sebuah PC ialah keyboard. Alat ini berfungsi
sebagai perantara komunikasi antara pengguna komputer dengan sistem komputer dengan
cara mengetikkan tombol keyboard berupa teks dan perintah-perintah lain seperti ‘Enter’
untuk dijalankan komputer. Bentuk dan jenis keyboard sangat beragam, mulai paling
sederhana sampai kompleks dengan tambahan tombol yang bervariasi
b) Mouse
Mouse merupakan perangkat penunjuk (pointing device) yang memungkinkan pengguna
untuk langsung menunjuk objek yang dapat dilihat pada layar monitor komputer. Mouse
dijalankan dengan menekan tombol mouse pada objek yang sudah dipilih. Menekan
mouse dikenal dengan nama ‘klik’ untuk sekali tekan, dan ‘double klik’ (klik ganda)
untuk dua kali tekan.
Gambar 2. Mouse, sebagai pointing device yang memiliki bentuk dan warna bervariasi
c) Scanner
Scanner digunakan untuk menyalin dan mengambil data apa saja, mulai teks, gambar,
foto, bahkan dengan perkembangan teknologi, misal teknologi kedokteran, manusia pun
dapat di-scan (CT Scan) untuk diketahui penyakit apa saja yang diidapnya.
Gambar 3. Scanner untuk ukuran kertas HVS
d) Joystick dan Gamepad
Joystick dan gamepad merupakan perangkat input yang banyak digunakan untuk
keperluan game. Desain joystick dan gamepad menjadikan bermain game pada komputer
akan terasa lebih asyik dan real.
Gambar 4. Joystick, media input para gamers
e) Kamera Digital
Dengan kamera digital pengguna dapat mengambil gambar secara langsung dalam bentuk
digital dengan format yang dapat dibaca oleh komputer. Misal, saat melakukan chatting
(komunikasi berbasis teks antar dua atau lebih pengguna lewat jaringan komputer atau
internet), pengguna dapat langsung melihat lawan bicaranya yang menggunakan kamera
digital pada layar monitor.
Gambar 5. Webcam, kamera digital yang banyak digunakan untuk input gambar dari objek nyata
2). Media Output
Merupakan media komunikasi pada komputer untuk menampilkan data dan informasi
yang diminta oleh pengguna dan telah diproses oleh CPU. Berikut ini beberapa contoh
media output yang banyak digunakan.
a) Display Screen/Layar Monitor
Layar monitor menampilkan hasil dari proses yang dilakukan oleh CPU secara langsung
sehingga pemakai komputer dapat mengetahui apa saja yang dihasilkan dari komputer ini.
Misalkan pada keyboard pengguna menekan huruf “Y” (input). Pada layar monitor kursor
akan menuliskan “Y”. Ditulisnya huruf “Y” pada layar monitor merupakan hasil (output)
dari proses yang dikerjakan CPU sesuai dengan permintaan pengguna tadi. Nama lain dari
monitor yang banyak dipakai, yaitu: VDT (Video Display Terminal), dan CRT (Cathode
Ray Tube).
Gambar 6. Dua jenis monitor, tabung dan LCD (Liquid Crystal Display)
b) Printer
Media output yang berfungsi untuk mencetak objek dari data digital komputer (softcopy)
ke data analog (hardcopy), misal dicetak pada kertas. Printer banyak digunakan untuk
mencetak data teks seperti tugas sekolah, dan dapat pula digunakan untuk mencetak
gambar. Ukuan kertas yang dapat dipakai pada printer bermacam-macam, seperti ukuran
folio, A4, ataupun legal, tergantung setting yang tersedia pada printer yang digunakan.
Gambar 7. Contoh printer dengan berbagai bentuk dan ukuran
c) Plotter
Media cetak seperti printer,namun memiliki ukuran yang relatif lebih besar serta
kegunaannya pun optimum untuk objek gambar (image), seperti mencetak peta, dan
gambar reklame. Plotter mencetak gambar lebih halus (smooth) dibanding printer, dan
harganya pun relatif lebih mahal.Oleh karena itu,dalam memilih media cetak disesuaikan
dengan kebutuhan, apakah harus menggunakan plotter, atau cukup dengan memakai
printer saja.
Gambar 8. Plotter, optimum untuk mencetak objek berupa gambar (image)
d) Speaker
Media yang berfungsi memberikan output berupa suara/bunyi, yang dihasilkan melalui
sound card (kartu suara). Terdengarnya suara lagu, efek suara saat program dijalankan,
film, dan sebagainya merupakan hasil dari keluaran media ini. Dengan adanya sound
system, akan melengkapi indahnya menggunakan komputer, karena sambil bekerja di
depan komputer tanpa beranjak dari tempat duduk sudah dapat langsung menikmati
hiburan yang tersedia.
Gambar 9. Speaker, dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi
Ok cukup sini dulu ya artikel Input dan Output dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
Selamat belajar!
Komentar :
Posting Komentar